Tips Keren Dan Kece Untuk Berbicara di Depan Umum

Beberapa orang merasa ngeri memikirkan pemikiran berbicara di depan umum. Memikirkan berdiri di depan sekelompok orang dan membuat presentasi itu menakutkan bagi banyak orang. Jika Anda ingin meningkatkan keterampilan Anda dalam berbicara di depan umum, baca artikel berikut dari beberapa tips hebat yang dapat Anda terapkan.

Temukan satu orang di antara kerumunan yang terlihat dapat dipercaya dan fokus pada mereka. Berpura-pura seolah kalian berdua adalah satu-satunya orang di ruangan itu. Alasan utama mengapa orang takut berbicara di depan umum adalah karena jumlah orang di ruangan itu. Jika Anda hanya fokus pada satu orang, Anda akan lupa orang lain ada di sana.

Ketika Anda tiba di podium, tarik napas dalam-dalam dan libatkan hadirin dengan mata dan tersenyum. Luangkan waktu sejenak untuk menenangkan saraf Anda dan gunakan energi saraf Anda sebagai cara untuk memberi energi pada pidato Anda. Biarkan audiens Anda merasakan kegembiraan Anda untuk apa yang Anda bicarakan.

Jangan biarkan apa pun mengganggu Anda saat berbicara di depan umum. Sangat penting bahwa Anda tidak berpartisipasi dalam kegiatan seperti memutar-mutar ibu jari atau kunci gemerincing Anda. Ini akan memberi audiens gagasan bahwa Anda lebih suka melakukan sesuatu selain berbicara di sana dengan mereka.

Satu kunci untuk pidato yang sukses adalah membuatnya menjadi panjang yang sesuai. Pada dasarnya, ketika sebuah pidato terlalu pendek, Anda mungkin tidak memberikan semua informasi yang dicari audiens. Di sisi lain, jika pidato Anda terlalu panjang, audiens Anda mungkin bosan dan Anda mungkin kehilangan perhatian.

Jangan mengunyah permen karet atau makan saat Anda berpidato. Mengunyah tidak profesional dan mengganggu audiens Anda. Diijinkan untuk menyesap segelas air sesekali agar tenggorokan Anda tidak kering. Pertahankan agar minimum juga, karena berfungsi sebagai pengalih perhatian dari pesan Anda.

Ketahui topik Anda dengan baik. Luangkan waktu yang diperlukan untuk meneliti topik Anda dan pelajari semua yang Anda bisa. Saat menyampaikan pidato Anda, cobalah bersikap fleksibel. Izinkan peserta untuk mengajukan pertanyaan. Jika Anda tidak tahu jawabannya, beri tahu mereka bahwa Anda tidak tahu, tetapi Anda akan menemukan informasinya dan menyediakannya untuk kelompok di lain waktu.

Saat menyiapkan pidato yang berisi banyak informasi, jangan terlalu bangga menggunakan kartu catatan. Bahkan orator yang paling berbakat pun mengakui kegunaan catatan. Lebih baik untuk cepat melirik catatan Anda daripada mengutip informasi yang salah atau menghilangkan poin-poin penting. Ini bekerja baik terutama ketika topik mencakup angka-angka tertentu, seperti jumlah dolar, persentase, dan tanggal.

Untuk membantu orang mengingat apa yang Anda katakan, buatlah akhir yang fantastis. Meskipun semua bagian dari pidato Anda penting, bagian akhirnya adalah yang paling mungkin diingat orang. Mengakhiri sesuatu yang membosankan tidak akan membuat pidato Anda terlalu lama di pikiran mereka.

Rekam video beberapa sesi latihan keterlibatan berbicara di depan umum Anda. Ketika Anda dapat melihat diri Anda dalam aksi dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah melihat apa yang dapat Anda tingkatkan. Mungkin cara Anda menggerakkan tangan atau ekspresi di wajah Anda. Melihat ini di film memberi Anda perspektif yang lebih objektif.

Saat memberikan pidato atau presentasi di depan umum, jangan masukkan terlalu banyak informasi. Mengisi pidato Anda dengan terlalu banyak informasi akan membanjiri audiens Anda dan dianggap membosankan. Pidato yang bermanfaat akan mencakup beberapa informasi penting yang disampaikan secara sederhana dan jelas. Jadi, selalu edit pidato Anda ke beberapa ide kunci untuk efek terbaik.

Jangan berpidato dengan berpikir Anda hanya akan mengabaikannya. Ini bukan ide yang baik, bahkan jika Anda ahli dalam apa yang Anda bicarakan. Anda mungkin lolos dengan sesuatu yang lumayan. Namun, ucapan Anda akan jauh lebih baik jika Anda bersusah payah mempersiapkannya.

Salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum adalah dengan mendapatkan pengalaman berbicara di depan umum. Setelah Anda memiliki sekelompok orang yang duduk melalui beberapa pidato Anda dan merespons secara positif, Anda akan mulai mendapatkan status otoritas. Ini dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda dan membantu Anda menjadi pembicara yang lebih baik.

Berlatih berbicara di depan umum di lokasi yang tepat di mana Anda akan melakukannya secara langsung. Penting untuk mengetahui ruang di mana Anda akan berbicara. Dengan cara ini Anda tidak akan terlalu terlempar oleh suara, podium, atau cara ruangan diatur.

Berbicara di depan umum mungkin tampak sulit pada awalnya, tetapi semakin Anda melakukannya, akan semakin mudah. Anda hanya perlu alat yang tepat dan rasa percaya diri. Artikel ini telah menyajikan beberapa tips yang dapat Anda gunakan. Menerapkannya lain kali Anda harus berbicara di depan umum. Anda mungkin menemukan bahwa itu tidak sesulit yang Anda kira.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>